Friday, March 9, 2012

Makanan sehat saat menyusui


Pasca melahirkan seorang ibu dituntut untuk memberikan ASI kepada Sang bayi sebagai sumber gizi utama bayi yang belum bisa mencerna makanan padat. Sayangnya terkadang ASI tidak dapat keluar dengan lancar karena faktor tertentu, seperti belum stabilnya hormon pembentuk ASI (Hormon prolactin dan oxytocin) dan anotomi payudara yang kurang memadai seperti posisi puting yang kurang sempurna.

Beberapa pertolongan pertama bisa dilakukan untuk merangsang produksi ASI seperti tetap menyusui meski ASI belum keluar, Penggunaan breast pump atau konsumsi vitamin yang direkomendasikan dokter guna memperlancar ASI.

Konsumsi makanan dari tumbuhan tertentu terbukti mampu memperlancar dan merangsang terbentuknya ASI serta memberikan nutrisi yang sangat dibutuhkan sang ibu dan bayi pada masa menyusui.
  • Daun katuk. Daun katuk mengandung Vitamin A, C, B1, zat besi, kalium, protein, fosfor, sterol, alkaloid dan asam seskuiterna yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI.
  • Kacang ijo. Kacang ijo mengandung vitamin B1, protein, fosfor, tiamin, mangaan, kalium, magnesium dan asam folat yang membantu mencukupi kebutuhan protein dan energi.
  • Bayam hijau dan bayam merah. baik untuk membantu menurunkan sistem kekebalan yang baik bagi bayi karena mengandung Vitamin A, B6, C, E, K, asam folat, riboflavin, fosfor, kalium, protein, zat besi, karoten dan thiamin.
  • Bunga pepaya. Bunga pepaya bermanfaat membantu meningkatkan protein dalam tubuh ibu serta meningkatkan selera nafsu makan. Bunga pepaya mengandung vitamin A,C< fosofor, kalium, enzium papain.
  • Pare. Makanan pahit yang satu ini banyak mengandung vitamin K, likopen, fitokimia lutein, anti oksidan yang sangat berguna merangsang produksi insulin, menurunkan kadar gula dalam darah dan sebagai anti kanker.
  • Semangka. Buah semangka segar sangat baik untuk mencukupi kebutuhan vitamin A dan air sang ibu  saat menyusui. Selain vbitamin A, semangka juga banyak mengandung vitamin C, asam folat dan kalium.

0 comments:

Post a Comment

Followers

Powered by Blogger.

Translate