Tuesday, March 6, 2012

Tips aman bermain komputer untuk anak.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg7x75I-CSScWCw4g2gQDak_jupStHAGTRjVexpgjqbdo-DuUQmPstZFgD0X0Xor2fygRZU5k5m5WZYYKsz7uIA-BvomEtZeMFrdELPDC6xPQQZ_xahEfGfyC14_DZbu-hfPvPyu90LETXR/s320/IMG_1396.jpg

Batasi  waktu
Sebagai orang tua kita harus bersifat tegas . Buat kesepakatan dengan anak mengenai waktu bermain computer. Misalnya diperbolehkan bermain computer setelah belajar selama 1 jam atau berikan waktu lebih saat liburan.

Beri kesempatan
Penggunaan tehnologi khususnya computer sudah menjadi keharusan bagi anak, mengingat kebutuhan akan computer sangat diperlukan dalam proses pendidikan. Perkenalkan dan beri kesempatan anak untuk belajar dan berinteraksi dengan komputer sejak dini.

Software
Pilihlah software yang memang ditujukan untuk  pendidikan sang anak. Kalaupun terpaksa menginstall game, pilihlah game yang edukatif dan hindari game-game yang bersifat kekerasaan.

Minimalis efek computer terhadapa mata
Perhatikan pencahayaan dan jarak pandang ketika anak bermain computer. Cahaya yang terlalu terang dan jarak pandang yang terlalu dekat dapat membahayakan kesehatan mata. Jika diperlukan pakailah filter pada monitor untuk mereduksi cahaya komputer.

Safety first / untamakan keselamatan.
Perhatikan instalasi kabel dan listrik untuk keamanan saat anak bermain computer.

Kenyamanan
Berikan kursi dan meja computer yang ergonomis sesuai dengan bentuk  dan postur anak. Property yang kurang tepat dapat mempengaruhi  pertumbuhan anatomi anak.

Sosialisasi itu penting.
Bermain computer terkadang membuat anak terbuai dan terlalu asik sehingga mereka melupakan bermain dengan anak-anak yang lain. ingatkan anak untuk bermain dengan teman-temannya untuk sosialisasi dengan orang lain tetap terjaga dan anak tidak kecanduan computer.


0 comments:

Post a Comment

Followers

Powered by Blogger.

Translate