Thursday, March 1, 2012

Mengobati Kapalan


http://1.bp.blogspot.com/-JGka_uvuMzI/T08srHdiDeI/AAAAAAAAAxU/Q2BMyfZzA3g/s1600/images.jpeg
Kapalan merupakan penebalan kulit bagian atas yang biasanya disebabkan gesekan atau tekanan dengan benda-benda padat yang berlangsung terus menerus. Kapalan bisa timbul di bagian tubuh manapun, namun yang sering terjadi di telapak tangan dan telapak kaki. Pada kapalan, kulit akan menebal dan keras serta berwarna gelap yang akhirnya kulit akan menjadi kering dan mengelupas. Hal ini yang menyebabkan telapak menjadi sangat kasar.


Memakai sarung tangan atau alas kaki saat melakukan aktivitas menjadi solusi yang terbaik untuk menghindari terbentuknya kapalan. Selain itu Memilih ukuran sepatu atau sandal yang sesuai dengan kaki juga dapat menghindarkan terjaidnya kapalan pada telapak kaki, sepatu yang kekecilan bisa menyebabkan timbulnya kapalan.

Namun jika kapalan sudah terlanjur menyerang , ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan atau mengobatinya Kapalan.
  • Mengoleskan pelembab atau lotion sangat membantu untuk menjaga kelembaban kulit sekaligus mencegah kulit terlalu kering.
  • Untuk menghilangkan kapalan yang sudah mengeras bisa dilakukan dengan mengosokkan batu apung secara teratur pada kapalan, jangan lupa rendam dengan air hangat untuk memperlunak kulit sehingga mudah terkelupas.
  • Jika kapalan terlalu menyakitkan atau menimbulkan rasa sakit yang mengganggu, mendatangi dokter specialist kulit menjadi alternative pilihan. Biasanya dokter akan memotong kapalan dengan pisau khusus dan memberikan salep atau krim untuk membantu menghilangkankan kapalan./
Sejauh ini kapalan memang tidak terlalu mengganggu aktivitas. Tapi untuk masalah penampilan kapalan bisa sangat mengganggu bahkan bisa menimbulkan rasa tidak percaya diri.

2 comments:

  1. Thanks banget nih mas. saya udah cari kemana-mana cara yang ampuh mengobati kapalan tapi gak ketemu juga. Saya coba cara yang ini dulu ya mas bro. BTW, batu apung tuh dimana ndapetinnya ya??

    ReplyDelete
  2. Kapalan emang ganggu banget. Jgn terkena air terlalu sering tangan/kaki yng kapalan, bikin kapalan makin numbuh subur. Setiap hr sllu sy bersihkan pakai gunting kuku, suka gemes liat'a.

    ReplyDelete

Followers

Powered by Blogger.

Translate