Monday, December 10, 2012

Fakta tentang batuk

  1. Batuk adalah mekanisme tubuh untuk membersihkan saluran pernafasan dan paru-paru dari benda asing dan dahak.
  2. Batuk merupakan signal  bahwa tubuh sedang bereaksi terhadap iritasi yang terjadi di saluran pernafasan.
  3. Batuk sejatinya bukan sebuah penyakit tetapi merupakan respon tubuh terhadap suatu penyakit atau masalah pada saluran pernafasan.
  4. Parah tidaknya atau tingkat bahaya batuk ditentukan dari gejala lain yang menyertai batuk.
  5. Secara umum batuk dibagi 2 yaitu batuk kering dan batuk berdahak.

Batuk berdahak atau batuk produktif adalah batuk yang disertai dengan keluarnya dahak/mucus. Dahak berasal dari atas/rongga hidung atau sinus tenggorokan. Bisa juga dari bawah/paru. Batuk berdahak biasanya disebabkan karena infeksi virus dan bakteri.  misalnya common cold. Sebenarnya batuk berdahak tidak boleh dihentikan atau ditekan dengan obat karena sejatinya  batuk berdahak bermanfaat untuk membersihkan saluran pernafasan. Batuk berdahak bisa terjadi pada penderita pilek, perokok akibat iritasi selaput tenggorokan atau kerusakan pada paru-paru, infeksi TBC, pneumonia, bronchitis dan sinusitis. Batuk berdahak juga bisa terjadi pada penderita penyakit paru obstruktif menahun atau COPD, atau bisa juga disebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan (GERD).
Batuk kering atau non produktif tidak dibarengi dengan keluarnya dahak . biasanya  disebabkan paparan iritan seperti debu, bulu dan asap. Selain itu bisa juga disebabkan karena infeksi virus, tersedak atau masuknya benda asing ke saluran pernafasan. Batuk kering sering dialami penderita asma dan alergi.

Sekali lagi batuk bukan penyakit hanya gejala dari suatu penyakit. Pemberian obat atau antibiotiuk sangat tidak dianjurkan. Pemberian antibiotic hanya akan meningkatkan resiko alergi dan efek samping dari obat tersebut, selain itu antibiotic juga dapat meningkatkan resistensi kuman terhadap antibiotic.Evaluasi menyeluruh terhadap batuk dan gejala yang menyertainya menjadi sangat penting untuk penangganan batuk secara tepat.

0 comments:

Post a Comment

Followers

Powered by Blogger.

Translate