Thursday, March 15, 2012

Menjaga kesegaran dan mencegah bau mulut


Hilangnya kesegaran mulut diakibatkan oleh adanya penurunan produksi air ludah yang menyebabkan pasokan oksigen ke dalam mulut berkurang sehingga bakteri anaerob berkembang biak dan sekaligus memecahkan asam amino di dalam air ludah hingga mengakibatkan terlepasnya zat sulfur.

Hilangnya kesegaran mulut menimbulkan rasa tidak nyaman karena mulut terasa kering dan fatalnya lagi dapat menyebabkan bau mulut.

Menggosok  gigi dengan bersih menjadi solusi terbaik untuk mengembalikan kesegaran mulut sekaligus menghilangkan bau mulut. Bau mulut disebabkan adanya pembusukan sisa-sisa makanan yang menempel di gusi dan gigi oleh bakteri. Pastikan  sisa makanan tidak menempel dengan menggosok gigi dengan benar, selain itu gunakan dental floss untuk menghilangkan sisa makanan yang menyelip di sela-sela gigi.

Merawat kesehatan gigi dan mulut dengan produk kesehatan gigi terbukti ampuh membunuh bakteri penyebab bau mulut. Gunakan pasta gigi yang mengandung enzim dan tanpa detergen. Enzim dalam pasta gigi dapat mengaktifkan sistem laktoperoksidase yang bersifat bakteriostatik yang menjaga keseimbangan ekologi flora dalam mulut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan obat kumur setelah menggosok gigi. Obat kumur dapat berfungsi sebagai anti bakteri penyebab bau mulut.

Mengkonsumsi air secukupnya dan buah-buahan segar serta menghindari makanan yang dapat menimbulkan bau tak sedap seperti jengkol dan petai dapat menjaga kesegaran mulut dari dalam. Selain itu mengkonsumsi resep tradisional juga sangat efektif mencegah bau mulut. Rebusan daun sirih memiliki fungsi sama dengan obat kumur sebagai anti bakteri penyebab bau mulut.

0 comments:

Post a Comment

Followers

Powered by Blogger.

Translate