Tuesday, March 6, 2012

Cara sederhana menjaga kesehatan


Mencegah lebih baik daripada mengobati, istilah ini tepat sekali untuk kesehatan kita. Namun terkadang aktivitas dan kesibukan membuat kita terlena akan hal ini, alhasil kesehatan kita sering terganggu alias kita jatuh sakit secara tiba-tiba. Sebenarnya ada hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk tetap menjaga kesehatan dan menjauhkan diri dari sakit.

1. Menjaga pola makan.
Bagi orang-orang yang tidak bermasalah dengan kesehatan menjaga pola makan sangatlah mudah. Cukup menggunakan rumus 4 sehat 5 sempurna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan air.
Lain ceritanya bagi orang-orang yang mengidap penyakit tertentu, baik penyakit permanen maupun kambuhan. Orang-orang seperti ini harus ekstra konsen untuk masalah pola makan, karena sedikit melakukan kesalahan akan berakibat fatal bagi kesehatan. Contohnya bagi penderita maag, mereka harus menjaga agar asam lambung tidak meningkat, makan tepat waktu dan menghindari makanan pemicu naiknya asam lambung agar penyakit ini tidak kambuh. Begitupula dengan penderita penyakit gula atau ginjal. Mereka harus memperhatikan asupan gula dalam makanan agar tidak memicu kambuhnya penyakit tersebut.

2. Olah raga teratur
Olahraga memegang peranan penting untuk menjaga kebugaran fisik dan mental. Dengan olah raga banyak manfaat yang kita dapat. Olahraga bisa menjaga stamina, meningkatkan metabolisme tubuh, membakar lemak tubuh, menghindarkan stress dan segudang manfaat lainnya.
 Kita dapat memilih alternative olahraga yang tepat untuk tubuh kita, mulai dari yang ringan seperti jogging, aerobic, lari sampai olahraga berat seperti renang, sepak bola ataupun nge-gym.

3. Istirahat yang cukup
Istirahat merupakan cara untuk menghilangkan kepenatan dan kelelahan setelah seharian kita beraktivitas. Setidaknya bagi orang dewasa membutuhkan sekitar 30 persen dari waktu 24 jam atau sekitar 7-9 jam untuk tidur guna mengembalikan stamina dan melepaskan kelelahan tubuh akibat beraktivitas seharian.

4. Konsumsi vitamin atau suplemen
Makanan yang kita konsumsi sering kali tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh kita. Akibatnya kesehatan akan terganggu karena kekurangan zat-zat tertentu. Misalnya anemia karena kurang zat besi, sariawan karena kurang vitamin C dan lain sebagainya.
Dalam hal ini konsumsi suplemen dan vitamin sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Satu hal perlu diperhatikan kelebihan zat-zat tertentu juga dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Misalnya Kelebihan suplemen vitamin A bisa berisiko rapuh tulang (osteoporosis), nyeri pada persendian, sakit kepala, kelelahan, rambut rontok, dll. Kelebihan suplemen vitamin B3 bisa merusak lever, over vitamin E menimbulakn diare dan sakit kepala.
Oleh sebab itu sebelum menentukan untuk mengkonsumsi suplemen/vitamin ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan zat apa yang diperlukan tubuh.

5. Medical check up
Gaya hidup dan pola makan yang salah menimbulkan ketidakseimbangan dalam tubuh yang lambat laun akan menganggu kesehatan. Medical check up diperlukan untuk mendiagnosa secara dini gejala maupun penyakit yang tidak terdeteksi secara normal dalam tubuh. Sehingga kita dapat mengambil tindakan yang tepat untuk mencegah ataupun mengobati gejala/penyakit yang bersemayam dalam tubuh.

Try it and good luck!!!!

0 comments:

Post a Comment

Followers

Powered by Blogger.

Translate