Sunday, March 4, 2012

Liburan Menyenangkan


Acara liburan memang sangat menyenangkan. Pastikan semua hal terencana dengan baik. Jangan sampai liburan yang seharusnya berkesan dan menyenangkan  justru berubah jadi malapetaka karena perencanaan yang kurang maksimal. Siapkan setiap step yang berhubungan dengan liburan anda dengan baik. Berikut beberapa steps yang perlu anda siapkan secara benar untuk menyukseskan liburan.

Planning. Planning is a must. Tentukan tempat tujuan liburan terlebih dahulu, kemudian carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat itu. Mulai dari peta atau rute perjalanan, alat transportasi yang dibutuhkan, tempat menginap, biaya yang diperlukan, tempat makan, ticketing sampai aturan-aturan tertentu yang berlaku di area tersebut. Anda dapat memperoleh informasi dari berbagai sumber seprti internet, travel agent, confirmasi by phone ke tempat tujuan atau biro kedutaan negara tujuan jika anda ingin berlibur ke luar negeri

Biaya atau mengatur budget. Biaya menjadi unsur terpenting dalam acara liburan. Hitung secara terperionci semua kebutuhan yang diperlukan. Jangan lupa sediakan biaya tak terduga untuk spekulasi jika terjadi hal-hal di luar rencana. 

Travel Agent atau biro perjalanan. Kalau anda tidak ingin repot. Biro perjalanan bisa menjadi pilihan untuk me-arrange liburan Anda. Biasanya biro akan menyediakan semua fasilitas dan menentukan biaya yang diperlukan. Semua sudah terurus, andaa tinggal menyiapkan dana dan berangkat.

Siapkan dokumen penting. Jika anda berniat  liburan ke luar negeri. Siapkan segala dokumen pendukung seperti paspor, visa, fiskal dan dokumen lain.

Packing Time. Bijaklah dalam membawa barang-barang selama liburan. Sertakan barang-barang yang benar-benar anda perlukan. Jangan lupa kamera atau handycam untuk mengabadikan moment liburan, sunblock dan aksesoris lain jika hendak liburan di luaran. Atau siapkan semua peralatan yang berhubungan dengan tujuan liburan anda.


0 comments:

Post a Comment

Followers

Powered by Blogger.

Translate