Wednesday, March 7, 2012

Waspadai kemasan makanan berbahaya


Kemasan makanan memang tidak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari. Entah sebagai bungkus makanan, tempat penyimpanan sampai alat penyajian. Dengan alasan ekonomis,praktis dan mudah didapat sering tanpa kita sadari kita memilih bahan-bahan yang sangat berbahaya terhadap kesehatan. Memang efeknya tidak langsung kita rasakan, namun jika pemakaiannya berlangsung terus menerus , bahan-bahan berbahaya ini dapat mengganggu kesehatan. Berikut beberapa bahan yang harus kita waspadai penggunaannya karena berbahaya bagi kesehatan .
1. Melamin
Akhir-akhir ini produk melamin secara sporadic beredar di pasaran. Bentuk dan coraknya yang menarik serta harganya yang relative murah membuat sebagian ibu-ibu memilih barang-barang ini untuk tempat makanan. Bahkan tidak sedikit yang memakainya untuk tempat makanan bagi bayi mereka.
Melamin terbuat dari bahan formalin dan fenol, dimana formalin sendiri merupakan desinfektan yang sering digunakan sebagai bahan pengawet mayat yang sangat mudah masuk ke dalam tubuh lewat jalur oral/mulut, saluran pernafasan dan pembuluh darah. Formalin dapat mengganggu fungsi sel, bahkan dapat pula mengakibatkan kematian sel.
Pengaruh kronis dari keracunan formalin dapat mengakibatkan iritasi yang parah, kerusakan fungsi hati, ginjal, syaraf dan organ lainnya. Pada hewan percobaan formalin mempunyai efek karsinogenik (menyebabkan kanker/ keganasan), efek ini diyakini berlaku pada manusia. Sebagai efek kronis, efek ini tidak tampak segera tapi baru muncul setelah terjadi akumulasi formalin karena konsumsi / terpapar cemaran formalin dalam jangka lama.

2. Styrofoam
Styrofoam terbuat dari butiran-butiran styerene yang diproses dengan benzena. Benzana bisa menimbulkan masalah pada kelenjar tyroid, mengganggu sistem syaraf sehingga menyebabkan kelelahan, mempercepat detak jantung, sulit tidur, badan menjadi gemetaran, dan menjadi mudah gelisah. Di beberapa kasus, benzana bahkan bisa mengakibatkan hilang kesadaran dan kematian. Saat benzana termakan, dia akan masuk ke sel-sel darah dan lama-kelamaan akan merusak sumsum tulang belakang. Akibatnya produksi sel darah merah berkurang dan timbullah penyakit anemia. Efek lainnya, sistem imun akan berkurang sehingga kita mudah terinfeksi. Pada wanita, zat ini berakibat buruk terhadap siklus menstruasi dan mengancam kehamilan. Dan yang paling berbahaya, zat ini bisa menyebabkan kanker payudara dan kanker prostat.
Saat makanan atau minuman tersimpan dalam wadah Styrofoam, bahan kimia yang terdapat pada Styrofoam akan berpindah ke makanan. Perpindahan zat kimia tersebut akan semakin cepat bila kondisi makanan dalam keadaan panas, banyak mengandung lemak dan bersifat asam serta mengandung alcohol.
Selain berbahaya bagi kesehatan Styrofoam juga berbahaya bagi lingkungan karena sifatnya yang tidak bisa terurai.

3. Kantong plastic
Hampir bisa dipastikan semua orang memakai kantong plastic dalam kehidupam sehari-hari. Bisa dibayangkan berapa juta ton sampah plastik yang dihasilkan setiap harinya. Pada dasarnya sampah plastic merupakan sampah yang tidak bisa diurai alam. Saat terurai, partikel-partikel plastik akan mencemari tanah dan air tanah. Jika dibakar, sampah plastik akan menghasilkan asap beracun yang berbahaya bagi kesehatan yaitu jika proses pembakarannya tidak sempurna, plastik akan mengurai di udara sebagai dioksin. Senyawa ini sangat berbahaya bila terhirup manusia. Dampaknya antara lain memicu penyakit kanker, hepatitis, pembengkakan hati, gangguan sistem saraf, dan memicu depresi.

4. Kertas bekas
Kertas bekas dapat berupa Koran, majalah dan kertas yang telah terkena tinta. kertas yang sudah tercampur tinta sangat berbahaya bagi tubuh manusia karena di dalam tinta terdapat timbal yang bersifat racun. Kertas bekas sering kali kita jumpai sebagai bungkus gorengan. Bila terkena panas atau mminyak goreng tinta dapat larut dalam makanan.

Bersikap hati-hati dan bijak dalam memilih kemasan makanan merupakan pilihan yang tepat. Selain menjaga kesehatan kita juga ikut andil dalam memelihara keseimbangan lingkungan dari sampah sampah yang tidak bisa diurai oleh alam/


2 comments:

  1. Kita memang harus waspada nih...
    Sebagai konsumen yang pintar haruslah cermat dalam memilih Kemasan Makanan yang baik.

    ReplyDelete

Followers

Powered by Blogger.

Translate