Tuesday, March 6, 2012

Tips Kurangi Insomnia.


Insomnia merupakan gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walau ada kesempatan dan situasi yang sangat mendukung. Insomnia seringkali dialami oleh orang-orang yang beraktivitas padat dan biasa disebabkan oleh gangguan suatu penyakit atau akibat adanya masalah psikologis seperti stress.

Insomnia ini dapat menyerang semua golongan usia. Rata-rata setiap orang pernah sekali mengalaminya.Banyak penderita insomnia tergantung pada obat tidur dan zat penenang lainnya untuk bisa tertidur dengan pulas. Padahal obat-obatan  sedatif memiliki potensi  menyebabkan ketergantungan psikologis atau kecanduan.

Pengobatan insomnia tergantung kepada penyebab dan beratnya insomnia. Jika penyebabnya adalah stres emosional,  akan diberikan obat untuk mengurangi stres. Jika penyebabnya adalah depresi, diberikan obat anti-depresi. Terapi hipnosis atau hipnoterapi bisa menjadi pilihan untuk mengobati imsomnia tanpa obat-obatan.

Tips Kurangi Insomnia.
  • Olahraga teratur.Olahraga dapat mengoptimalkan kesehatan jiwa dan raga, sehingga tubuh dapat melawan stress yang sering timbul
  • Tidurlah dalam lingkungan yang nyaman. Saat tidur matikan semua lampu, matikan hal-hal yang membuaat anda tidak nyaman seperti suara musik atau buanglah jam jauh-jauh karena hanya akan menambah beban ketika anda melihat jarum jam sudah larut tapi mata belum terpejam juga.
  • Hindari makan dan minum terlalu banyak sebelum tidur. makanan yang terlalu banyak membuat perut tidak nyaman. Sebaiknya makanlah makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat.
  • Kurangi konsumsi teh, kopi, alkohol atau minuman yang bersifat stimulan/ menjaga anda untuk tetap terjaga. Segelas susu hangat bis amenjadi pilihan tepat sebleum tidur.

0 comments:

Post a Comment

Followers

Powered by Blogger.

Translate