Saturday, March 10, 2012

Mengajarkan Anak Hidup Mandiri


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiwoT0Xt65f0OKj7AKPgzI9Hz90N_-2-7niWisPdZeb2CnfUJvNfRspx0g76lgfwxyLVg1UicrTRG7mi70Be6uN1aji3yjxyzSIEA-ywRHJglqwSa4McljCcuZVBI5j1korgiMf__IZpf9c/s200/IMG_0126.JPG *Latih Anak dengan mengerjakan hal-hal sederhana sejak dini. Misalnya memasukkan mainan pada kotak mainan, Buang sampah pada tempatnya,cuci tangan sebelum dan sesudah makan atau memasukan baju kotor pada bak.

* Be a Good sample. Like father like son. Pepatah ini memang ada benarnya. Anak akan selalu men-copy apa yang dilakukan orang tuanya. jadi berilah contoh yang baik dalam segala hal, karena sudah pasti anak akan meniru apa orang tua biasa lakukan.

* Jangan Putus asa untuk terus melatih kemandirian sang Anak. Melatih kemandiriaan bukan sesuatu yang instan alias sekali jadi. Butuh waktu dan proses serta kesabaran yang sangat luar biasa.

* Seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan Anak, Berikanlah tugas yang lebih rumit. Ini akan menambah keragaman ketrampilan anak sekaligus mengatasi kebosanan.

* Buat perjanjian dengan Anak, mengenai tugas-tugas yang harus dikerjakan sendiri. Tetapkan juga konsekuensi yang harus ditanggung jika tidak menjalankannya dengan baik.

* Berikan apresiasi berupa pujian jika anak mampu melakukan tugasnya meskipun hasilnya kurang sempurna. hal ini bertujuan untuk terus memberikan motivasi kepada anak untuk terus berusaha dan melakukan yang terbaik.

0 comments:

Post a Comment

Followers

Powered by Blogger.

Translate