Sunday, April 15, 2012

Bahaya di balik Facebook & Twitter



Facebook dan twitter. Siapa tak kenal dengan dua jejaring social yang ini. Hampir semua orang memiliki salah satu atau bahkan keduanya dan aktif menggunakannya. Tak bisa dipungkiri keberadaan jejaring social semacam ini memberikan banyak manfaat bagi penggunanya. Mulai dari alat menjalin silaturahmi, promosi produk sampai mendapatkan berbagai macam informasi.

Ada baik sudah barang tentu ada buruknya. Dibalik segudang manfaat facebook  dan twitter. Kita juga perlu mewaspadai  bahaya dibalik Facebook & Twitter. Kita mungkin tidak menyadari bahwa bersosialisasi melalui jejaring social semacam facebook dan twitter memeberikan resiko yang kurang baik terhadap diri kita dan orang lain.

*Menjadi korban kejahatan
Mungkin kita pernah mendengar tentang kasus penculikan, pemerasan atau bentuk kejahatan lain yang diawali dari jejaring social. Hal ini amat sangat mungkin menimpa diri kita. Selektif dalam  memilih teman dan selalu waspada serta tidak mudah percaya dengan orang lain menjadi solusi yang cukup ampuh untuk menghindari menjadi korban cyber crime. Ingat!, dunia maya penuh dengan kebohongan.

*Privacy terganggu. 
Banyak orang menjadikan media jejaring social sebagai pelampiasan dari segala masalah yang mereka hadapi. Mereka tak segan-segan meng-update status atau me-tweet unek-unek yang mereka rasakan saat itu, tanpa menyadari bahwa status atau tweet yang mereka share di jejaring social bisa disaksikan dan dibaca oleh ratusan bahklan jutaan orang.  Jutaan orang akan tahu saat itu juga kalau anda sedang sedih, bĂȘte, sedang galau, bimbang atau bahkan tahu masalah yang anda hadapi yang sesungguhnya itu menjadi privacy anda. Berhati-hatilah dalam meng-update status atau me-tweet karena anda tidak bisa menjamin bahwa semua orang yang membaca status anda memiliki niat yang baik. Orang-orang jahat bisa saja memanfaatkan situasi yang anda hadapi untuk sekedar meneror atau bahkan melakukan kejahatan terhadap anda. Apalagi  jika status anda dilengkapi dengan informasi yang lengkap seperti lokasi keberadaan anda dengan menggunakan facebook places misalnya.

*Mencemarkan nama baik. 
Pengguna jejearing social sangat rentan menjadi korban pencemaran nama baik. Penyebabnya macam-macam. Bisa dari foto-foto atau dokumen yang anda upload yang disalahgunakkan oleh orang lain (hacker) yang berhasil membobol akun anda. Atau mungkin hacker yang berhasil membobol akun anda membuat status atau berkomentar dengan kata-kata kotor dan menyinggung pihak lain/.

*Menjadi tersangka kasus kejahatan. 
Status atau tweet yang anda posting bisa saja menyinggung perasaan orang lain ataupun golongan. Inilah yang membawa anda menjadi tersangka karena dilaporkan dengan tuduhan mencemarkan nama baik atau melakukan tindakan yang tidak menyenangkan orang lain. Oleh sebab itu berhati-hati dan bijaklah dalam meng-update status atau memberikan komentar terhadapa status orang lain.

*Terasing dari kehidupan nyata
Banyak pengguna jejaring social yang betah/menghabiskan waktu di depan computer /laptop atau bergerilya dengan handpone mereka dibandingkan bersosialisasi dengan teman atau tetangganya. Hal ini memungkinkan pengguna jejaring social terasing dari kehidupan nyata dan lingkungan karena lebih memilih berinteraksi dengan orang lain melalui computer atau hp.



0 comments:

Post a Comment

Followers

Powered by Blogger.

Translate