Wednesday, March 7, 2012

Belajar dibalik acara makan.


Ternyata makan tidak hanya berakhir dengan perut kenyang. Selain memberikan nutrisi bagi tubuh, kegiatan makan juga memberikan manfaat lain yang secara tidak langsung bagi sang anak. Dengan makan anak mulai ngenal berbagai jenis makanan, macam-macam rasa, tekstur makan, dan macam warna.

Berbagai manfaat lain juga bisa diperoleh sang anak sebagai bentuk pembelajaran tentang hal-hal yang baru. Diantaranya:
  • Belajar beradaptasi dengan lingkungan. Setiap tempat dimana sang anak makan memberikan stimulus yang berbeda, sehingga anakpun meresponnya dengan cara yang berbeda pula. perbedaan stimulus inilah yang menjadi guru bagi sang anak untuk belajar beradapatasi dengan lingkungannya.
  • Belajar Sabar. Menunggu Sang ibu menyiapkan makanan dapat melatih sang anak untuk bersikap sabar. Anak harus tahu bahwa segala sesuatu butuh proses dan perlu waktu.
  • Belajar Interaksi dan interaksi. Saat sang ibu menyuapi atau menemani anak makan, sang anak akan belajar berinteraksi dengan orang lain. Dia akan bilang "hak" saat nasi dimulutnya habis atau menolak ketika mulutnya masih dipenuhi dengan nasi.
  • Belajar disiplin. Sebelum makan biasakan untuk mencuci tangan, berdoa, setelah selesai diakhiri dengan berdoa pula. selain itu anak akan belajar keteraturan mengenai jam makan.
  • Belajar Tanggung jawab. ketika anak meminta makan, secara tidak langsung si anak belajar tanggung jawab untuk menghabiskan makanan yang mereka minta.
  • Belajar sebab akibat. Makan memberikan rasa kenyang, begitupula ketika lapar tapi tidak mau makan maka perut akan sakit. Hal-hal seperti inilah yang memberikan ilmu kepada sang anak untuk mempelajari tentang sebab akibat.



0 comments:

Post a Comment

Followers

Powered by Blogger.

Translate