Saturday, March 3, 2012

Cegah batuk pilek pada anak


http://1.bp.blogspot.com/-9Y00N1obGvE/T1IhODwsMMI/AAAAAAAAAxk/hjtXDdSKIzw/s1600/thumbnail.jpg

Batuk dan pilek memang terkesan sangat sepele. Namun demikian jika tidak ditanggani dengan baik, penyakit ini dapat membahayakan jiwa sang penderita , terlebih lagi jika penyakit ini menyerang anak-anak. Jika dibiarkan batuk pilek pada anak-anak akan menimbulkan dampak yang lebih buruk bagi pertumbuhan sang anak, hal yang paling Nampak adalah penurunan nafsu makan yang pada akhirnya mempengaruhi berat badan dan pertumbuhan. Belum lagi jika batuk pilek ini diindikasikan merupakan gejala dari penyakit yang lebih serius seperti radang paru-paru, tuberculosis ataupun penyakit serius yang lain. Pemberian obat batuk pilek yang tersedia di pasaran bisa menjadi pertolongan pertama bagi si anak, namun jika batuk pilek tidak sembuh dalam waktu tiga hari pemeriksaan ke dokter menjadi pilihan paling tepat untuk memastikan jenis batuk pilek serta penangganan dan pengobatan yang tepat.

Sebenarnya banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai tindakan preventif untuk mencegah sang anak terserang penyakit yang satu ini. Memperhatikan nutrisi sang anak menjadi hal yang sangat penting, di usia pertumbuhannya sang anak membutuhkan nutrisi yang lengkap baik untuk pertumbuhan organ tubuh maupun untuk fungsi kekebalan tubuh. Perhatikan selalu apa yang dikonsumsi sang anak. Di usianya, anak-anak lebih menyukai makanan yang bersifat jajanan/snack yang banyak dijual bebas yang notabenenya makanan tersebut kurang terjamin baik nilai gizi maupun kebersihannya. Jajanan/ snack terlalu banyak mengandung zat-zat kimia tambahan seperti pengawet, pewarna,perasa buatan dan MSG yang sangat berbahaya bagi kesehatan sang anak dan sangat beresiko menyebabkan radang tenggorokan yang merupakan penyebab awal sakit batuk.

Menjaga kebersihan tidak kalah penting untuk kesehatan sang anak. Cuci tangan sebelum makan dan tidur terbukti mampu mencegah berbagai macam penyakit yang bisa menyerang sang anak. Hal-hal kecil seperti memotong kuku sang anak juga menjadi sesuatu yang perlu diperhatikan. Di saat bermain bisa saja sang anak menyetuh barang-barang yang kotor yang mengandung banyak kuman. Dan kuku menjadi sarang yang nyaman bagi sang kuman.

Bagi anak yang susah makan. Pemberian vitamin dan suplemen bisa menjadi pilihan. Suplemen dan vitamin berfungsi melengkapi nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan  peningkatan daya tahan tubuh.

1 comment:

Followers

Powered by Blogger.

Translate