Saturday, November 10, 2012

Mandi Junub




Semua orang pasti pernah mendengar istilah yang satu ini. Atau bahkan sebagian dari kita pernah melakukannya. Terlepas kita melakukannya  dengan benar sesuai dengan ajaran agama islam atau tidak.


Dulu, aku pikir mandi junub itu sama saja dengan mandi biasa. Guyur, sabun gosok dan bilas. Yang beda hanya niatnya. Ternyata apa yang aku kerjakan selama ini salah atau  lebih tepatnya kurang sesuai dengan syariat agama.


Mandi junub atau sering disebut mandi wajib/janabah Bukan semata-mata mandi untuk membersihkan diri dari kuman dan kotoran yang melekat di badan. Tetapi lebih dari itu mandi junub dilakukan dengan  tata cara/ritual tertentu dan bertujuan untuk menghilangkan hadast besar. Adapun hal-hal yang menyebabkan hadast besar dan mewajibkan untuk mandi junub antara lain:


* Mengeluarkan air mani baik yang di sengaja maupun tidak (berhubungan seks, mimpi basah atau penyebab lain seperti onani)


* Melakukan hubungan intim (bertemunya dua kelamin) meski tidak mengeluarkan air mani


* Selesai haid / menstruasi


* Sehabis masa nifas


* Meninggal dunia yang bukan mati sahid.


Tata cara mandi junubnya kurang lebih seperti berikut:


* Awali dengan niat ( tidak harus dilafalkan, cukup dalam hati saja)


* Cuci kedua tangan sebanyak 3 kali


* Bersihkan najis di area kemaluan, dengan cara  mengambil air dengan tangan kanan (bisa pakai  gayung) dan mencucinya dengan tangan kiri.


* Membersihkan kotoran yang menenpel di tangan kiri dengan cara menggosokkan tangan kiri ke tanah atau bisa diganti dengan membersihkannya menggunakan sabun.


* Berwudlu seperti wudhu mau sholat, tapi tidak sampai membasahi kaki. Karena bagian ini diakhirkan. Ada sebagian yang berpendapat berwudlu dengan sempurna seperti mau sholat.


*Menguyur air ke kepala sebanyak 3 kali sambil menyilang-nyilang ke rambut agar air sampai membasahi pangkal rambut

*Membasuh seluruh tubuh dimulai dari bagian kanan lalu tubuh bagian kiri. tanpa mengabaikan dua ketiak, bagian dalam telinga, pusat dan jari-jari kaki serta menggosok anggota tubuh yang dapat digosok.


Kurang lebih seperti itulah uraian yang aku ketahui tentang mandi junub.. semoga bermanfaat dan mohon dikoreksi bila ada salah.



0 comments:

Post a Comment

Followers

Powered by Blogger.

Translate