Wednesday, February 29, 2012

Memasang Tombol Facebook Share di dalam postingan blog


Sebagai Blogger (Jiealah blogger rek. hehehe), sudah barang tentu kita ingin semua orang membaca artikel yang kita tulis dan mendapatkan manfaat atau inspirasi dari blog yang kita buat. Sayangnya tidak semua orang tahu blog kita. Satu-satunya cara adalah kita promosi atau publish blog kita ke public. Dan cara yang cukup jitu sebagai ajang promosi adalah melalu jejaring social facebook.

Blog sendiri sudah menyediakan widget share it baik melalui facebook atau Twitter. Namun sayangnya widget share it~nya blog bersifat umum alias ketika kita share blog kita ke publish di facebook adalah blog secara keseluruhan ( bukan share tiap postingan), bisa dibilang ga up to date.

Tapi dont worry guys, di blog kita bisa menambahkan berbagai macam widget yang kita butuhkan, termasuk widget untuk share postingan blog kita. Caranya pun Gampang banget. here is it!
1.      Terlebih dahulu kita harus log in ke blogger.
2.     Kemudian pilih Design ~~>Edit HTML
3.     Jangan Lupa Centang kotak "Expand widget templates". Kemudian cari code "<data:post.body/>" atau "<p><data:post.body/></p>"
4.     kallo sudah ketemu (untuk memudahkan pencarian pakai aja Ctrl f). Letakkan  kode tombol facebook share berikut ini dibawah kode <data:post.body/> jika anda ingin memasang tombol Fbshare dibawah postingan atau letakkan diatas <data:post.body/> jika anda ingin memasang diatas postingan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg4CGkDqDj2kcHNbgVmWJ0wifpabEbKGOfMyYenTqvHAXbAQjQGW0zPvRashPLtbiKDo1A0oUh3bsO5uP5QsRHcMYc4opSs5d-cX8Tr7rv1K6jG3Jm2q5EAqOArOURFmvb1P5X545hDnOQI/s1600/fshare-button-3.gif

<a name="fb_share" type="button_count" href="http://www.facebook.com/sharer.php">Share</a><script src="http://static.ak.fbcdn.net/connect.php/js/FB.Share" type="text/javascript"></script>


Nah kallo sudah. coba di preview dulu sebelum di save. Kallo berhasil (kadang-kadang tombol ini ga berfungsi dengan baik di template-template tertentu) , berarti Anda sudah bisa share setiap postingan ke facebook. Gampang kan??
Lets do it!

1 comment:

  1. Assalamualaikum.
    Alhamdulillah berhasil sob, syukuron atas layanannya.
    Jazakumulloh khoiron katsir.

    ReplyDelete

Followers

Powered by Blogger.

Translate