Saturday, February 25, 2012

Tips menjaga aki tetap bekerja secara optimal dan awet

Anda pasti pernah mengalami hal-hal berikut. Mau starter motor tapi motor tidak mau nyala alhasil anda kudu ngenjot tu motor biar mesinnya nyala, atau tiba-tiba saja lampu motor anda jadi redup. atau yang satu ini bunyi klakson anda sudah tidak selantang biasanya. Pernah kan?

yach..kondisi diatas memang biasa terjadi pada kendaraan anda, entah itu motor atau mobil. kondisi ini menjadi pertanda bahwa aki kendaraan anda sudah mulai rusak atau dah soak. aki dikatakan soak apabila aki sudah tidak bisa menyimpan arus listrik dengan baik atau tegangan (voltase)-nya turun dari yang seharusnya. umumnya usia aki berkisar antara 1.5 hingga 2.5 tahun. akan tetapi usia aki lebih ditentukan oleh keadaan kendaran dan frekuensi pemakaian.

ketika aki sudah rusak atau soak, jalan satu-satunya adalah menggantinya dengan yang baru. sebenarnya aki masih bisa di refill dan digunakan kembali, sayangnya tidak semua aki dapat di refill karena kondisinya yang memang sudah rusak. Untuk menjaga aki tetap bekerja secara optimal dan awet, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan.
Pertama, perhatikan indikator air aki. Anda dapat mengeceknya sebelum kendaraan dihidupkan di pagi hari. jika indikator airnya menyatakan kekurangan air, segera tambahkan air aki sesuai dengan takarannya.Air aki berfungsi untuk membantu mendinginkan sel-sel aki. jika air berkurang, sel-sel dalam aki akan berubah bentuk menjadi melengkung. air aki harus selalu terjaga di antara tanda low level dan upper level.

Kedua, Cek secara berkala kondisi aki. selain kondisi air aki anda juga dapat memeriksa kondisi terminal aki (positif dan negatif). biasanya pada bagian-bagian ini sering terjadi korosi. Jika terdapat korosi anda dapat menghilangkannya dengan cara menyiramkan sedikit air panas pada kedua terminal.

Ketiga, Hemat tenaga aki. banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat tenaga aki. misalnya batasi penggunaan lampu yang tidak perlu, stop mainan klakson. Atau matikan komponen kelistrikkan ketika hendak mematikan mobil seperti lampu luar, AC, radio/tape dan charger Hp.

Keempat, Jaga aki ketika kendaraan tidak dipakai dalam jangka wakku yang lama, yaitu dengan cara melepaskan terminal negatif pada aki. lalu, kepala aki dilepaskan dan dibungkus dengan kain. hal ini bertujuan untuk menjaga agar terminal negatif tidak bersentuhan dengan body kendaraan.

0 comments:

Post a Comment

Followers

Powered by Blogger.

Translate