Saturday, February 25, 2012

Usir Ketombe dengan bahan alami

Ketombe, it s really disgusting and absolutely annoying. Ketombe atau juga sering disebut sindap ini adalah pengelupasan kulit mati di kepala. Bentuknya berupa serpihan kecil ,berwarna putih dan disertai rasa gatal. Normally ketombe tak jadi masalah, tapi ketika sudah tidak terkontrol, ini bener-bener jadi masalah. Salah penanganan malah jadi parah.

Sebelum mengatasi masalah ketombe, terlebih dahulu kita harus tau factor apa yang menyebabkan pertumbuhan ketombe menjadi tidak terkontrol atau berlebih. Banyak factor yang bisa menyebabkan terjadinya ketombe. Kesalahan dalam memilih jenis shampoo atau obat-obatan untuk perawatan rambut yang tidak sesuai dengan kulit kepala ditengarai menjadi penyebab terbanyak, sementara factor lain seperti infeksi jamur kulit atau kutu rambut dan juga stress. Selain itu ketombe juga bisa disebabkan masalah nutrisi buruk, khususnya disebabkan defisiensi mineral seng

Banyak treatment obat-obatan atau shampoo yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ketombe ini. tapi banyak pula yang tidak mempan dan justru menjadikan ketombe lebih parah. Kandungan zat-zat kimia justru memperburuk kondisi kulit kepala dan menyebabkan produksi ketombe menjadi lebih banyak dan tentu saja mengganggu. Selain itu menggaruk ketombe di kulit kepala dapat memperburuk kondisi kulit kepala dan menyebabkan infeksi kulit kepala.

Pengobatan dan perawatan secara alami perlu dicoba. Selain minim resiko, perawatan alami tidak menimbulkan efek buruk bagi kulit kepala maupun rambut. Beberapa bahan alami yang bisa kita coba untuk menghilangkan ketombe.

Jeruk nipis
Jeruk nipis mengandung asam salisilat yang berkhasiat membersihkan lemak pada kulit kepala. Caranya gosokan irisan jeruk nipis ke kulit kepala dan rambut, diamkan selama beberapa menit (sampai kering) kemudian bilas sampai bersih.
Nanas
Nanas mengandung zat bromelain yang bermanfaat untuk membuang jaringan kulit tidak sehat pada kulit, dalam hal ini ketombe adalah kulit tak sehat yang terdapat di kulit kepala.Terlebih dahulu kupas nanas yang sudah matang, kemudian parut. Balurkan pada rambut dan kulit kepala, diamkan semalaman. Dan bilas esok harinya. Lakukan sesering mungkin sampai ketombe hilang.
Mengkudu
Parut mengkudu, tambahkan sedikit air, dan aduk hingga rata. Oleskan pada kulit kepala dan rambut, biarkan hingga mengering, kemudian bilas dengan air bersih. Mengkudu mengandung alkaloid triterpenoid yang berkhasiat sebagai penghilang lembab, antiseptik, dan pelembut kulit.
Pandan wangi
Daun pandan wangi mengandung saponin yang sifatnya seperti sabun dan alkaloid yang membantu mengatasi ketombe. Selain itu pandan juga mengandung flavonoid yang bersifat antioksidan yang membantu saponin dan alkaloid dalam membasmi ketombe. Gilinglah pandan sampai halus kemudiantambahkan air, saring ambil airnya. Siramkan air pandan ke kapala diamkan selama setengah atau sejam kemudian bilas bersih dengan air.
Cuka
Kandungan potassium dan enzim dalam cuka dapat menghilangkan ketombe. Campurkan cuka dengan segelas air kemudian jadikan campran in sebagai pembilas terakhir dari keramas. Diamkan beberapa menit kemudian bila hingga bersih.

Sebenarnya masih banyak lagi bahan-bahan alami yang bisa dipakai untuk mengatasi masalah ketombe. Pakailah bahan-bahan alami di atas dalam jumlah yang wajar. Segala yang berlebihan biasanya menghasilkan sesuatu yang tidak bagus meskipun dari bahan-bahan alami. Selamat mencoba semoga berhasi dan say goodbye untuk ketombe.

0 comments:

Post a Comment

Followers

Powered by Blogger.

Translate