Saturday, February 25, 2012

3 kejadian tidak menyenangkan yang mungkin terjadi pada kendaraan anda dan cara mengatasinya.

Memiliki kendaraan pribadi memang mengasyikan. namun terkadang terjadi hal-hal yang tidak terduga yang membuat kendaran kita tidak nyaman lagi. berikut beberapa kejadian tidak menyenangkan yang mungkin terjadi pada kendaraan anda dan cara mengatasinya.

Radiator bocor
Radiator berfungsi sebagai pendingin sebuah mesin atau lebih tepatnya lagi sebagai stabilisator suhu mesin mobil agar selalu dalam keadaan normal. Dengan adanya radiator, panas berlebih pada mesin mobil dapat dikurangi sehingga beban kerja mesin menjadi lebih ringan dan terhindar dari masalah engine overheat yang dapat membuat mobil mogok seketika. ketika radiator bocor, sistem pendingin tidak bekerja dengan baik. Akibatnya, temperatur mesin pun tidak terkontrol dan terjadilah overheating ketika mesin terus dipaksa bekerja tanpa pendinginan. Alhasil mobil jadi mogok.

kallo ini terjadi pada anda, segera hentikan mobil anda dan tunggu sampai mesin dingin. lalu tuangkan air radiator sambil mengamati bagian yang bocor. kallo sudah ketemu, segera tambal dengan campuran penambal radiator (radiator stopleak). kallo Anda tidak membawa radiator stopleak anda bisa memanfaatkan pisang yang ada sibagasi anda. caranya belah pisang jadi dua lalu lembutkan dan tempelkan pada bagian yang bocor, tunggu 10-15 menit, baru kemudian isi radiator dengan air. tentu saja ini cara sesaat. anda harus segera memperbaikinya ketika anda sampai di bengkel.

Lampu padam
padamnya lampu mobil bisa disebabkan banyak hal seperti sekring putus, tidak berfungsinya relay atau soket yang berkarat, switch lampu yang rusak, Mika lampu retak, atau Terputusnya kabel lampu. Jika lampu padam disebabkan karena sekring putus. segera parkirkan mobil ditempat yang aman. kemudian lepaskan terminal lampu, ambil kabel dan sambungkan ke terminal negatif lampu yang terletak di sebelah kiri depan anda ke terminal negatif aki. kabel yang satunya lagi tinggal dipilih , mau disambung dekat terminal atas atau jauh pada terminal kanan. jangan lupa menghubungkannya ke terminal plus aki.

Kaca dalam berembun
kaca berembun sangat mengganggu kenyaman penglihatan dalam berkendara. Untuk mengatasinya basahi kain lap hingga lembab, lalu oleskan sabun atau shampo mobil ke salah satu sisi kain lap. usapkan kain tersebut ke seluruh permukaan kaca. terakhir lap dengan kain yang lembab hingga bersih.

Untuk kenyamanan anda dalam berkendara. Pastikan kendaraan anda dalam kondisi layak jalan. Lakukan pemeriksaan kendaraan secara menyeluruh, mulai dari lampu, radiator, ban , Ac mobil dan lain-lainnya. Dan pastikan kelengkapan peralatan recovery untuk menjaga bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

0 comments:

Post a Comment

Followers

Powered by Blogger.

Translate