Sunday, February 26, 2012

Tips agar anak terhindar dari sembelit.

Sembelit ternyata tidak hanya menyerang orang dewasa. Bayipun bisa mengalami gangguan yang satu ini.Sembelit merupakan kelainan pada sistem pencernaan yang mengalami pengerasan feses atau tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan.Normalnya bayi buang air besar satu sampai dua kali setiap hari. Jika dalam 2 hari bayi tidak buang air besar bisa dikatakan sang bayi terkena sembelit. Penyebabnya bermacam-macam. misalnya kekurangan cairan, Metabolisme pada bayi yang tinggi memungkinkan mengeluarkan cairan (kencing, keringat) lebih banyak, bila tidak segera diganti dengan cukup minum sering menyebabkan kurang cairan, hingga menyebabkan tinja keras. Pemberian obat-obatan tertentu misal antibiotik, obat flu juga memberi efek samping sembelit.

Tips agar sang bayi/ anak terhindar dari sembelit.
Beri bayi ASI Eksklusif selama 6 bulan pertama (hanya berikan ASI, tanpa tambahan makanan atau minuman lain).
JIka terpaksa memberikan susu formula pada anak. Pilihlah susu formula yang tepat sehingga tidak memicu sembelit ataupun gangguan lain seperti alergi. Konsultasikan dengan dokter anak atau ahli gizi anak untuk mendapatkan rekomendasi jenis susu yang sesuai dengan anak anda.
Berikan cairan secukupnya pada sang anak. baik melalui minum,kuah sayur atau juice buah. Minimal 2-3 gelas sehari untuk bayi yang telah lewat masa ASI eksklusif.
Perbanyak memberikan makanan berserat tinggi kepada sang anak seperti sayuran dan buah-buahan baik dalam bentuk puree atau sereal.
 Hati-hati memberikan suplemen atau vitamin  kepada sang anak. Bila ada keluhan sebaiknya segera sampaikan kepada dokter anak untuk mendapatkan penangganan yang tepat.

Untuk kasus bayi atau anak yang telah terlanjur terkena sembelit dapat diatasi dengan pemberian pencahar, namun harus atas pengawasan dokter. Jangan memberi sembarang pencahar karena pencahar sendiri bukanlah obat sembelit, melainkan hanya untuk mengatasi sesaat. Penyebab sembelitnya sendiri yang perlu dilacak, agar sembelitnya bisa tuntas ditanggulangi.
 


0 comments:

Post a Comment

Followers

Powered by Blogger.

Translate