Monday, November 19, 2012

Makanan sehat bagi penderita diabetes

diet sehat menjadi sesuatu yang wajib dilakukan para penderita diabetes terutama pola makan yang mengatur asupan kadar gula dalam tubuh supaya penyakit ini tidak kabuh atau menimbulkan komplikasi pada organ tubuh lain, umpamanya penyakit jantung. namun begitu bukan berati penderita diabetes tidak bisa makan enak karena banyaknya pantangan makanan yang harus dihindari. hal terpenting adalah mengetahui jenis makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi dan tidak meningkatkan kadar gula dalam darah.

Karbohidarat.
basicly karbohidrat dibagi menjadi dua yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks.karbohidrat sederhana dapat diperoleh dalam gula putih, gula merah, selai, sirop, minuman soda dan jus yang dicampur dengan gula. karbohidrat jenis ini bila dikonsumsi berlebih dapat meningkatkan jumlah kadar gula dalam darah. para penderita diabetes dianjurkan untuk mengkonsumsi karbohidrat jenis kompleks karena karbohidrat jenis ini banyak mengandung serat yang sangat berguna mengontrol diabetes. dalam hal ini serat mempersulit pencernaan karbohidrat sehingga gula yang dihasilkan relatif sedikit dan dikeluarkan secara lambat ke dalam aliran darah. karbohidrat kompleks dapat ditemukan dalam bubur gandum, roti gandum, kacang-kacangan, arcis, pasta dan beras.

Susu.
Produk susu banyak mengandung protein, kalsium dan sejumlah vitamin yang sangat berguna bagi tubuh. bagi penderita diabetes dianjurkan untuk memilih produk susu yang low-fat dan non-saturated fat atau susu tanpa lemak jenuh misalnya yogurt, susu skim, keju dan susu kedelai rendah lemak.

Buah-buahan.
meski mengandung gula buah-buahan baik untuk dikonsumsi. karena selain gula, buah-buahan juga mengandung banyak vitamin C dan juga kaya akan serat. penderita diabetes dianjurkan untuk mengkonsumsi buah asli dan segar tanpa tambahan pemanis apapun. hindari mengkonsumsi sari buah atau juis karena jus hanya sedikit memiliki serat dan dapat berkadar gula tinggi.

0 comments:

Post a Comment

Followers

Powered by Blogger.

Translate