Monday, April 16, 2012

Penyebab mata lelah


Seperti  halnya organ tubuh lain, mata sebagai indra penglihatan juga bisa mengalami kelelahan jika terus menerus dipaksa untuk bekerja. Mata menjadi kering, berair dan terkadang disertai dengan pusing menjadi gejala bahwa mata mengalami kelelahan.

Sudah barang tentu, kelelahan pada mata dapat mengganggu aktivitas. Oleh sebab itu ada baiknya kita bisa mengantisipasi supaya hal tersebut tidak terjadi pada organ penglihatan kita. Salah satunya adalah dengan cara mengetahui apa saja yang dapat memicu atau menyebabkan mata menjadi tegang dan kelelahan.
  • Membaca dalam waktu yang lama. Otot-otot mata akan menegang jika dipaksakan untuk focus pada satu media dengan posisi yang sama dalam waktu yang cukup lama. Lebih-lebih lagi jika membaca dilakukan dalam kondisi penerangan yang kurang terang. Otot mata yang menegang mengakibatkan mata lelah, iritasi dan merasa tidak nyaman. Biasanya lelah pada mata ini diikuti pula kelelahan pada organ lain seperti pundak, leher dan punggung. Untuk menghindarinya usahakan untuk memberikan jeda dengan mengistirahatkan mata ketika sedang membaca.
  • Radiasi  computer. Kontras warna dan tingkat penerangan pada layar computer sangat mempengaruhi kelelahan pada mata. Untuk menyiasatinya atur kontras dan tingkat cahaya layar sesuai dengan kebutuhan mata. Selain itu perhatikan pula ukuran huruf yang anda pakai pada suatu aplikasi. Jangan terlalu kecil karena mata akan bekerja lebih keras untuk dapat mengenali masing-masing huruf.
  • Sinar matahari. Tanpa kita sadari sinar matahari dapat menyilaukan pandangan dan menimbulkan kelelahan pada mata. Itu sebabnya memakai kacamata hitam sangat dianjurkan ketika melakukan aktifitas di luar ruangan.

0 comments:

Post a Comment

Followers

Powered by Blogger.

Translate