Saturday, April 14, 2012

Merawat instalasi listrik di rumah



Akhir-akhir ini sering kali kita lihat musibah kebakaran yang disebabkan oleh adanya hubungan arus pendek listrik. Listrik memang menjadi kebutuhan yang sangat primer tapi kalau tidak berhati-hati justru bisa menimbulkan bencana besar seperti kebakaran.

Instalasi listrik yang dipasang pihak PLN di rumah dirancang sedemikian rupa untuk menjaga kerapian dan tentu saja yang paling penting adalah factor keamanan. Namun seiring dengan kebutuhan, terpaksa kita mengubah atau menambahkan instalasi-instalasi tambahan, yang terkadang tidak sesuai dengan aturan PLN dan bahkan sangat rentan bahaya.

Penambahan instalsi listrik memang susah dihindarkan. Namun demikian kita harus tetap waspada dan berhati-hati supaya penambahan yang kita lakukan tidak menimbulkan efek berbahaya. Beberapa hal yang bisa kita perhatikan untuk merawat instalasi listrik di rumah agar jaringan listrik tetap aman dalam pemakaiannya.
  • Jangan menumpuk stop kontak pada satu sumber listrik.
  • Gunakan pemutus arus listik atau sekring yang sesuai untuk daya tersambung, jangan berlebihan atau kurang.
  • Pastikan tidak ada kabel terkelupas di dalam atau sekitar rumah. Hal ini yang beresiko untuk terjadinya konsleting.
  • Jauhkan sumber listrik dari jangkaun anak-anak.
  • Gunakan material listrik seperti kabel, sakelar, stop kontak yang berkualitas dan berlabel SNI, LMK atau SPLN.
  • Jangan biarkan pepohonan yang tumbuh di sekitar rumah kita menyentuh jaringan listrik. Hal ini sangat berbahaya  terutama ketika terjadi hujan.


0 comments:

Post a Comment

Followers

Powered by Blogger.

Translate