Thursday, May 10, 2012

Mengatasi kegemukan



Kegemukan atau obesitas merupakan momok bagi banyak orang. Selain rentan terhadap banyak penyakit, kegemukan juga dapat menimbulkan dilema yang mencuatkan rasa minder atau kurang percaya diri, terlebih lagi bagi mereka yang sangat konsen dengan penampilan. Kegemukan menimbulkan masalah tersendiri dalam banyak hal, misalnya dalam hal  bergerak dan pemilihan busana.

Kegemukan dapat terjadi karena kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih besar daripada kalori yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas sehari-hari. Akibat kelebihan kalori tersebut ditambah lagi kurangnya beraktivitas fisik menyebabkan terjadinya penimbunan lemak di area tertentu. Penyebab lainnya adalah gaya hidup dan pola makan yang lebih banyak mengkonsumsi  karbohidrat dan lemak serta sedikit melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Ada dua pola makan tidak normal yang dapat menyebabkan kegemukan dan biasanya dipicu oleh stress dan kekecewaan. Yang pertama yaitu makan dalam jumlah sangat banyak dan makan di malam hari yang tidak diiringi dengan aktivitas fisik yang akibatnya terjadi penumpukan kalori dalam tubuh.

Jangan pernah berpikir hanya dengan mengurangi makanan tertentu seperti lemak atau karbohidrat dapat terhindar dari kegemukan. Justru dengan mengurangi makanan tersebut tanpa teratur akan mengakibatkan  tubuh kekurangan nutrisi.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kegemukan tanpa harus merasa sakit dan tidak kekurangan nutrisi.

Pertama adalah Niat. Terlebih dahulu bulatkan tekad untuk mengurangi berat badan dan memiliki tubuh yang sehat. Dengan niat yang sunguh-sunguh anda  dapat melakukan diet dengan benar dan tidak melakukanya setengah-setengah. Diet yang salah justru dapat membingungkan system pencernaan di dalam tubuh.

Kedua, Pandai-pandailah mengatasi rasa lapar. Rasa lapar terjadi karena kadar gula dalam darah berkurang atau lambung dalam keadaan kosong. Bila rasa lapar mendera pilihlah makanan yang rendah kalori tapi bisa mengenyangkan, misalnya sayur dan buah-buahan. Jika terpaksa memilih makanan yang diolah pilihlah makanan yang direbus, dikukus atau dibakar daripada makanan yang digoreng.

Ketiga, Atur pola makan. Pada dasarnya tubuh membutuhkan semua jenis nutrisi yang terkandung dalam makanan, seperti lemak, protein, karbohidrat dan mineral. Timbunan lemak dapat berasal dari jenis makanan apapu, baik yang mengandung lemak, karbohidrat maupun protein. Jadi sangat kurang tepat jika menghilangkan salah satu dari makanan tersebut dari menu anda. Yang perlu anda lakukan adalah ketahui jumlah kalori yang anda butuhkan untuk beraktivitas sehari-hari sehingga anda dapat mengatur berapa jumlah makanan yang harus anda konsumsi sehingga tidak terjadi kelebihan kalori yang pada akhirnya akan berubah jadi lemak dan tertimbun di dalam tubuh.

Keempat, Stop  kebiasaan ngemil. Frekuensi ngemil dan jenis cemilan  ditenggarai menjadi biang utama penyebab terjadinya kegemukan . Banyak orang ngemil dengan alasan untuk menghalau stress, padahal makanan bukanlah penghalau stress dan jangan pernah beranggapan bahwa ngemil dapat mengimbangi kondisi mental kita yang sedang stress. Jika terpaksa kita harus ngemil, pilihlah cemilan yang rendah kalori seperti potongan buah atau sayuran rebus.

Kelima, Istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh. Istirahat bukan hanya sekedar kuantitas jam tidur tetapi lebih pada kualitas tidur kita. Selain itu sangat perlu untuk mengistirahatkan pikiran kita, jangan terlalu memforsir pikiran kita untuk bekerja keras karena dapat menimbulkan stress.

Keenam, Perbanyak konsumsi air putih. Minum paling tidak 2 liter atau 8 gelas sehari. Hindar minuman yang manis atau mengandung kadar gula tinggi.

Ketujuh, olahraga secara teratur. Olahraga fisik terbukti mampu membakar kalori tubuh dengan cepat. Lakukan olahraga secara rutin untuk membakar kalori tubuh sekaligus mencegah terjadinya timbunan lemak.

Semoga tips diatas dapat mengatasi masalah kegemuakn anda. Selamat mencoa dan semoga berhasil.




0 comments:

Post a Comment

Followers

Powered by Blogger.

Translate